Pengembangan Sistem Informasi Layanan Surat Pemerintah Pada Desa Sumput Menggunakan Waterfall Model
Kata Kunci:
sistem informasi, waterfall model, surat pemerintah, Desa Sumput.Abstrak
Desa Sumput terletak di Kota Sidoarjo dengan jumlah penduduk yang cukup banyak sehingga sering terjadi permintaan pelayanan publik. Salah satu pelayanan publik yaitu layanan umum permohonan surat pemerintah, layanan ini masih dilakukan secara konvesional/manual. Dampak negatifnya, pelayanan tidak tertata, membutuhkan waktu lama, memungkinkan terjadinya kesalahan (penulisan data), dan data tidak terdokumentasi dengan baik (data hilang / rusak). Banyak warga desa merasa kesulitan mengurus dokumen-dokumen penting tersebut. Agar dapat meningkatkan pelayanan umum tersebut menjadi lebih baik, sistem informasi dibutuhkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode Waterfall Model, yang merupakan pendekatan sistematis untuk pengembangan perangkat lunak. Waterfall Model digunakan karena proses bisnis mengenai layanan permohonan surat pemerintah secara manual telah ditetapkan dari pihak instansi balai desa. Keluaran dari penelitian ini adalah sistem informasi layanan surat pemerintah dengan menerapkan 4 tahapan utama yaitu requirements analysis and definition, system and software design, implementation and unit testing, dan integration and system testing. Setelah mengembangkan sistem informasi layanan surat pemerintah dilakukan pengujian fungsional dan nonfungsional. Pengujian fungsional berupa uji validasi dengan hasil 93% dan pengujian nonfungsional berupa kompatibilitas peramban dengan menggunakan software sortsite dengan hasil ditemukan 2 critical issues dan 1 major issues. Maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi ini layak untuk digunakan.