Analisis Perbandingan Blended Learning berbasis Edmodo dan Google Classroom ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Analisis Perbandingan Blended Learning berbasis Edmodo dan Google Classroom ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Penulis

  • Maurish Sofie Rahmi Batita Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

hasil belajar, motivasi, google classroom, edmodo, sekolah menengah kejuruan, uji-t, blended learning

Abstrak

Kegiatan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri mempersiapkan para peserta didik untuk terjun ke dunia kerja. Praktik kerja industri atau prakerin dan konsep pembelajaran Teaching Factory (TEFA) dilaksanakan untuk mewujudkan visi tersebut. Prakerin yang pelaksanaannya harus diluar sekolah, sehingga membutuhkan e-learning untuk terjadinya kegiatan belajar dan mengajar. Serta, konsep TEFA yang menggunakan block schedule, menyebabkan pergeseran jadwal mata pelajaran yang berbasis teori. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu untuk menerapkan model pembelajaran blended learning yang dapat menggabungkan pertemuan tatap muka dan pertemuan tanpa batas ruang dan waktu. Penelitian ini menggunakan dua platform e-learning yaitu Edmodo dan Google Classroom, dengan membandingkan dua variabel yaitu motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi yang berarti antara kedua kelas eksperimen yang ditunjukkan melalui uji-t. Blended learning dengan Edmodo lebih baik apabila meninjau hasil belajar, sedangkan Google Classroom lebih unggul apabila meninjau dari motivasi belajar. 

Unduhan

Diterbitkan

28 Jan 2019

Cara Mengutip

Batita, M. S. R., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Perbandingan Blended Learning berbasis Edmodo dan Google Classroom ditinjau dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3756–3764. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5023

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...