Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas X dalam Menempuh Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Studi pada: SMK Negeri 2 Malang)

Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas X dalam Menempuh Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Studi pada: SMK Negeri 2 Malang)

Penulis

  • Indah Puspitasari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Faizatul Amalia Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

minat belajar, motivasi belajar, keadaan sosial ekonomi keluarga siswa, prestasi belajar

Abstrak

Sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri, SMKN 2 Malang mempunyai program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Untuk menjadi tolok ukur keberhasilan pembelajaran TKJ dapat diketahui melalui prestasi belajar. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain: motivasi, minat dan keadaan sosial ekonomi keluarga. Pada penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh antara motivasi, minat dan keadaan sosial ekonomi terhadap prestasi belajar baik secara sendiri maupun secara bersamaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian TKJ. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 106 siswa, dan sampel yang digunakan adalah 30 siswa dengan teknik simple random sampling. Kuesioner dan dokumentasi digunakan untuk mengambil data. Setelah data terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Serta uji hipotesis yang dilakukan dengan uji regresi linier sederhana dan regresi berganda. Penelitian ini menemukan bahwa masing-masing minat, motivasi dan sosial ekonomi tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Serta ketiga variabel simultan juga tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian ini adalah Ho diterima dan Ha ditolak. Hal tersebut dilihat dari hasil nilai signifikansi secara berturut turut adalah 0,91 > 0,05; 0,67 > 0,05; 0,12 > 0,05 dan 0,47 > 0,05.

Unduhan

Diterbitkan

28 Jan 2019

Cara Mengutip

Puspitasari, I., Amalia, F., & Herlambang, A. D. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar, Keadaan Sosial Ekonomi Keluarga Siswa Terhadap Prestasi Belajar Kelas X dalam Menempuh Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan (Studi pada: SMK Negeri 2 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3765–3770. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5024

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...