Evaluasi User Experience Pada Edmodo Dan Google Classroom Menggunakan Technique for User Experience Evaluation in E-Learning (TUXEL) (Studi Pada SMKN 5 Malang)
Kata Kunci:
evaluasi, user experience, edmodo, google classroom, Technique for User eXperience Evaluation in e-LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman pengguna pada Edmodo, Google Classroom, dan membandingkan user experience kedua e-learning tersebut. Serta pemberian rekomendasi terhadap penggunaan Edmodo dan Google Classroom. Untuk itu, maka dilakukannya evaluasi user experience menggunakan Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning (TUXEL) yang didalamnya terdapat tiga aspek yaitu, general usability, pedagogical usability, dan user experience. Lokasi penelitian dilakukan di SMKN 5 Malang sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dengan responden sebanyak 24 siswa SMKN 5 Malang. Hasil dari penelitian ini pada aspek general usability, Edmodo ditemukan 9 permasalahan dan Google Classroom 12 permasalahan. Pada aspek pedagogical usability, Edmodo ditemukan 13 permasalahan, dan Google Classroom 15 permasalahan. Pada aspek user experience, Edmodo mengindikasikan kode sebagai berikut: (1) mendukung; (2) membingungkan; (3) rumit. Sedangkan untuk Google Classroom, mengindikasikan kode berikut: (1) praktis; (2) menyenangkan; (3) tidak memenuhi ekspektasi; (4) membingungkan. Simpulan yang dapat dirumuskan adalah, Edmodo cocok diterapkan untuk proses pembelajaran yang menggunakan e-learning sepenuhnya, sedangkan Google Classroom lebih cocok digunakan sebagai penunjang/ pelengkap pembelajaran.