Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Sains Materi Tata Surya Menggunakan Model APPED (Studi Kasus: SD Brawijaya Smart School)
Kata Kunci:
Kata kunci: media pembelajaran, sains, tata surya, research and development, multimedia pembelajaran interaktifAbstrak
Lembaga pendidikan terpadu SD Brawijaya Smart School menerapkan berbagai inovasi dan kreasi pada teknologi informasi yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan sekaligus mengembangkan potensi dalam diri peserta didik. Namun, pada mata pelajaran Sains materi Tata Surya untuk kelas VI media yang dimanfaatkan masih bersifat standar dengan penggunaan buku paket dan kertas bergambar. Sehingga solusi yang diterapkan yaitu dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan model APPED. Tahapan penelitian jenis R&D (Research and Development) dari model APPED adalah melakukan analisis dan penelitian awal, perancangan, produksi, evaluasi, dan diseminasi. Semua komponen yang terdapat pada hasil uji dari ongoing evaluation sudah bekerja dengan baik menurut tiga kriteria aspek tertentu dan pengembang telah menyatakan bahwa semua hasilnya valid. Sedangkan hasil validasi pendapatan persentase alpha testing sebesar 95,5% oleh ahli materi, 92,5% oleh ahli instruksional, dan 88,8% oleh ahli media. Maka, menurut ketiga ahli tersebut dinyatakan valid dan tergolong pada kriteria penilaian “Sangat Baikâ€. Hasil pengujian beta testing untuk nilai pretest rata-ratanya sejumlah 65 kemudian meningkat menjadi 90 di atas KKM untuk penilaian post-test. Sehingga telah dikatagorikan “Tuntas†serta disimpulkan bahwasannya produk Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) lebih baik dan layak untuk dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.