Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Negeri 2 Malang Dengan Model Pengembangan Four-D
Kata Kunci:
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, E-Modul, Four-D Model, Teknik Komputer, Jaringan Komputer, Sekolah Menengah KejuruanAbstrak
Komputer dan jaringan dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Malang pada bidang Teknik Komputer dan Jaringan. Permasalahan yang ditemukan selama pelaksanaannya antara lain, bahan ajar bersumber dari internet, tidak ada pemanfaatan modul ajar, nilai belajar masih di bawah batas minimal. Solusi untuk menyelesaikan permasalahahan yang ada adalah melalui perancangan E-Modul berbasis Flip PDF Professional 2.4.9.18 dengan model pengembangan Four-D. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Menurut ahli materi 1 dan 2 menyatakan tingkat kevalidan dan kelayakan E-Modul senilai 98,00% dan 94,20%, sedangkan menurut ahli media 1 dan 2 senilai 66,00%, dan 91,00% dan termasuk kategori sangat baik. Luaran penerapan E-Modul berupa rerata nilai pre-test dan post-test senilai 65,46 dan 82,53, dengan hasil pengujian beda t memeroleh nilai signifikansi <0,05. Berdasarkan analisis hasil, E-Modul dikatakan efektif yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang didasarkan atas perbedaan rerata nilai pre-test dan post-test.