Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)
Kata Kunci:
prosedur pelayanan, design thinking, empathize, brainstorming, prototypeAbstrak
Setiap instansi kerja dituntut memiliki prosedur operasi standar dalam menjalankan kegiatan operasional. Prosedur operasi standar penting untuk diterapkan dan penting untuk dijalankan secara efektif dan efisien karena hal tersebut merupakan syarat mutlak bagi instansi kerja untuk mewujudkan visi dan misinya. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya merupakan salah satu instansi pendidikan yang menerapkan prosedur operasi standar dalam proses operasional. Prosedur operasi standar juga berlaku untuk mahasiswa. Salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi tersebut kepada mahasiswa adalah melalui situs web resmi FILKOM. Namun, didapati bahwa situs web FILKOM belum bisa memberikan pengalaman mengakses informasi prosedur pelayanan umum dengan nyaman, efektif dan efisien bagi mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengusulkan ide solusi yang dapat mendukung untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh mahasiswa. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggali masalah lebih dalam, menganalisis data temuan, mengembangkan ide solusi, mengimplementasikan ide solusi ke dalam bentuk prototipe, dan melakukan pengujian prototipe. Rekomendasi ide solusi yang diusulkan yaitu, menambahkan halaman Prosedur Pelayanan pada web apps FILKOMAPPS dan membuat layanan chatbot khusus untuk prosedur pelayanan umum. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa rancangan antarmuka pengguna berdasarkan usulan ide solusi sudah sesuai dengan keinginan pengguna dan ide solusi yang dikembangkan sudah bisa mendukung untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh mahasiswa.