Pengembangan Desain Antarmuka Sistem Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) Dengan Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus : Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB)

Pengembangan Desain Antarmuka Sistem Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) Dengan Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus : Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB)

Penulis

  • Raka Putra Pratama Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Analisis, Pengembangan Desain Antarmuka, Usability Testing, Human Centered Design, Analysis, Development Of Interface Design, Usability Testing, Human Centered Design

Abstrak

Sistem informasi FILKOM UB merupakan lembaga pendidikan yang memiliki struktur organisasi dan dosen-dosen yang mengajar pada jurusan Sistem Informasi. Saat memasuki akhir periode dari semester, akan melakukan evaluasi dosen, bagaimana kinerja dari dosen tersebut yang terdapat pada kuesioner di SIAM. Namun, kekurangan saat ini untuk mengevaluasi hasil kinerja dari dosen tersebut masih menggunakan print out kertas sehingga boros dalam penggunaan kertas. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem evaluasi yang dibuat untuk memberikan informasi evaluasi dosen yang bertujuan untuk mempermudah evaluasi dosen agar lebih efektif dan efisien. Pada penelitian ini akan membuat suatu sistem evaluasi proses belajar mengajar (PBM) berbasis web. Penelitian ini menggunakan Human Centered Design sebagai metodologi penelitian. Untuk uji coba sistemnya menggunakan usability testing sebagai parameter penilaiannya, dan juga menggunakan 3 metriks yang terdiri dari metrik efektifitas, metrik efisiensi, dan metrik kepuasan. Pada metrik efektifitas diperoleh hasil uji coba dengan persentase keberhasilan 100%. Pada metrik efisiensi diperoleh hasil total rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas-tugas pada sistem evaluasi PBM ini kurang dari 60 detik. Pada metrik kepuasan mendapatkan hasil dari penyebaran kuesioner SUS kepada responden sebesar 82.5 dimana pada hasil tersebut dapat diklasifikasikan dalam 3 aspek penilaian, yang pertama “Acceptableâ€, Kedua “Grade Bâ€, dan ketiga “Excellentâ€.

 

Unduhan

Diterbitkan

11 Feb 2019

Cara Mengutip

Pratama, R. P., Rokhmawati, R. I., & Az-Zahra, H. M. (2019). Pengembangan Desain Antarmuka Sistem Evaluasi Proses Belajar Mengajar (PBM) Dengan Menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus : Jurusan Sistem Informasi FILKOM UB). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3999–4005. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5098

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...