Pengembangan Aplikasi Mobile Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Perhubungan Kota Malang Menggunakan Fitur Location Based Service Berbasis Android
Kata Kunci:
Pengaduan Masyarakat, Dinas Perhubungan Kota Malang, Location Based Service, Smartphone, PengujianAbstrak
Pengaduan masyarakat sangat dibutuhkan pada sebuah instansi untuk mengetahui keberhasilan kerja, memperbaiki kekurangan serta menerima saran dari tugas-tugas yang sudah dijalankan. Pengaduan masyarakat biasanya sering terjadi pada bidang sarana fasilitas dan pelayanan umum yang ditangani oleh Dinas Perhubungan. Pengaduan masyarakat tersebut belum tersampaikan dengan baik sehingga membuat masyarakat kebingungan harus menyampaikan keluhan kepada siapa. Maka pada penelitian ini membahas mengenai mengembangkan sebuah aplikasi pengaduan masyarakat pada Dinas Perhubungan Kota Malang berbasis Android guna memudahkan masyarakat dalam melaporkan keluhannya. Aplikasi ini menggunakan fitur Location Based Service yang digunakan untuk memudahkan dalam pencarian lokasi pelapor dengan mengetahuinya melalui keberadaan posisi smartphone pelapor. Aplikasi pengaduan masyarakat dapat mengirimkan bukti keluhan yang terjadi seperti foto melalui aplikasi smartphone dengan mengambil foto tersebut dari kamera langsung ataupun dari gallery smartphone pelapor. Aplikasi mobile diimplementasikan dengan bahasa pemrograman yang digunakan yakni Java sedangkan web untuk administrator dibangun dengan menggunakan Framework Laravel. Aplikasi ini dilakukan pengujian dengan menggunakan whitebox testing untuk pengujian unit dan pengujian integrasi, blackbox testing untuk pengujian validasi serta pengujian usability. Hasil pengujian pada aplikasi pengaduan masyarakat menyatakan bahwa aplikasi ini dapat berjalan sesuai kebutuhan dan dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna dengan memiliki score System Usability Scale 83,75 atau dapat dikatakan acceptable.