Evaluasi Kesuksesan Implementasi Multimedia Auto Recording Smart Hybrid Classroom (MASH Classroom) untuk Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)
Kata Kunci:
evaluasi, kesuksesan implementasi teknologi, multimedia auto recording smart hybrid (mash) classroom, smart classroom, unified theory of acceptance and use of technology (utaut)Abstrak
Evaluasi terhadap kesuksesan implementasi MASH Classroom diperlukan untuk mendapatkan rekomendasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kesuksesan implementasinya. Hal tersebut dilakukan menggunakan empat variabel dari model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yaitu performance expectancy, effort expectancy, social factor, dan facilitating conditions. Metode penelitian kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dalam penelitian ini mencakup 1273 mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai populasinya. Sampel ditentukan melalui rumus Slovin dengan toleransi kesalahan sebesar 10% yang mendapatkan 96 mahasiswa pengguna MASH Classroom di FILKOM UB sebagai sampel penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel performance expectancy (50,68%), effort expectancy (53,80%), social influence (62,40%) dan facilitating conditions (56,20%) berada di kategori sedang. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah menekankan penyampaian RPS di tiap semester, penyediaan SDM untuk operasionalisasi MASH Classroom sehari-hari, pengalokasian MASH Classroom untuk kegiatan mahasiswa dan penekanan penerapan computer-supported collaborative learning (CSCL) oleh para dosen pengajar melalui workshop dan pelatihan.