Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire

Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire

Penulis

  • Sri Wulandari Ningrum Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Ismiarta Aknuranda Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Andi Reza Perdanakusuma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

usability, pengujian usability, kuesioner USE, aplikasi Ojesy

Abstrak

Ojesy merupakan aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dikalangan wanita dan anak-anak. Layanan tersebut berupa layanan ojek dan kurir. Aplikasi  Ojesy sudah diunduh sebanyak 10 ribu kali, namun banyak pengguna memberikan ulasan negatif terkait permasalahan tampilan, fitur menu kurang, tidak terlihat titik driver yang tersedia, pendektesian alamat susah sehingga mengisi alamat secara manual dan beberapa pengguna bingung melihat estimasi biaya. Berdasarkan dari ulasan pengguna tersebut mengacu pada permasalahan usability. Usability adalah aspek penting pengukuran kualitas aplikasi yang menjadi tolak ukur menentukan sejauh mana produk dapat digunakan pengguna untuk mencapai tujuan dan seberapa mudah menggunakan antarmuka aplikasi tersebut. Pengukuran usability penelitian ini menggunakan metode usability testing dimana proses evaluasi dilakukan secara langsung pada sampel pengguna. Pengujian ini terdapat tiga tahap, pertama tes skenario tugas, kedua mengisi kuesioner dan ketiga wawancara. Pengujian juga menggunakan kuesioner USE  yang mencakup empat parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Setiap parameter memiliki beberapa pernyataan yang diberikan kepada pengguna untuk menilai tingkat usability aplikasi Ojesy. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pengujian awal untuk menganalis tingkat usability dan permasalahan sebelum diberikan rekomendasi. Lalu pengujian akhir dilakukan rekomendasi perbaikan berupa prototype dengan menggunakan pedoman material design agar mendapatkan hasil yang baik, dan diuji kembali untuk mendapatkan nilai usability akhir. Hasil nilai usability dari pengukuran usability awal adalah sebesar 42,75 % dan nilai usability akhir setelah rekomendasi perbaikan tampilan sebesar 80,75 %.

Unduhan

Diterbitkan

13 Jun 2019

Cara Mengutip

Ningrum, S. W., Aknuranda, I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 4825–4834. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5350

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...