Analisis Usability dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience questionnaire (UEQ) (Studi Kasus Pada Airy Rooms)

Analisis Usability dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience questionnaire (UEQ) (Studi Kasus Pada Airy Rooms)

Penulis

  • Ike Kusuma Putri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

analisis, user experience, usability, SUS, UEQ, hotel budget

Abstrak

PT Airy Nest Indonesia (AiryRooms) adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan budget hotel berbasis online di Indonesia. Dalam hal peringkat aplikasi mobile AiryRooms menempati peringkat ke-6 di AppStore dan ke-5 di PlayStore, sedangkan aplikasi budget hotel lain mendapat peringkat di bawahnya. Meski telah mendapat antusiasme dan mencapai jumlah pengguna yang cukup banyak, namun dari wawancara dan observasi feedback yang telah dilakukan peneliti terdapat masalah yang terjadi pada saat penggunaan dan adanya persepsi negatif pengguna aplikasi AiryRooms. Oleh sebab itu perlu adanya analisis untuk mengidentifikasi masalah yang ditemukan lebih lanjut, dan juga melakukan pengukuran agar dapat mengetahui tingkat kecepatan, kemudahan dan tingkat kepuasan pengguna. Untuk mengukur tingkat kegunaan (Usability) penelitian ini menggunakan pengujian scenario dan wawancara langsung kepada pengguna Airy Rooms. Selain itu agar mengetahui tingkat kepuasan pengguna dihitung menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS) dan untuk mengukur tingkat pengalaman pengguna dikumpulkan berbagai persepsi menggunakan kuesioner User Experience Questionnaire (UEQ) dengan 6 skala yaitu: attractiveness, stimulation, perspicuity, dependability, efficiency, dan novelty. Dari hasil pengujian usability menunjukan aspek efficiency sebesar 82% yang berarti dalam kategori baik, effectiveness sebesar 89% yang berarti diatas rata-rata dari standar nilai 78% dan satisfaction menunjukan hasil mencapai nilai 78 yang berarti masuk dalam kategori Acceptable. Selain itu hasil dari pengukuran pengalaman pengguna pada benchmark UEQ skala novelty mendapat nilai dibawah rata-rata yaitu 0.667, pengguna mengganggap tampilan aplikasi monoton serta layanan transaksi yang tersedia dianggap kurang meskipun aplikasi Airy Rooms menyenangkan dan mudah digunakan.

Unduhan

Diterbitkan

05 Agu 2019

Cara Mengutip

Putri, I. K., Wijoyo, S. H., & Mursityo, Y. T. (2019). Analisis Usability dan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi pemesanan Budget Hotel Menggunakan User Experience questionnaire (UEQ) (Studi Kasus Pada Airy Rooms). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(7), 6748–6756. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5800

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...