Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif Dashboard E-Government Berbasis Website Menggunakan Metode Rational Unified Process (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Yusuf Kurniawan Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra Welly Purnomo

Abstrak

Dinas. Komunikasi dan Informatika Kabupaten. Sidoarjo diberikan wewenang oleh Peraturan. Bupati nomor 46 Tahun 2018 untuk menjadi GCIO (Government Chief Information Officer) yang memiliki tugas membantu Bupati salah satunya dalam mengelola data pemerintahan. Pembangunan data warehouse guna memenuhi kebutuhan Bupati akan data pemerintahan masih dirasa kurang karena data yang tersimpan tidak dapat disajikan dan Bupati masih mengandalkan sistem lama yang memakan waktu cukup Panjang. Berdasarkan. permasalahan tersebut maka diperlukan sebuah Sistem Informasi Eksekutif Dashboard E-Government berbasis website guna memenuhi kebutuhan Bupati dalam kemudahan mengakses data pemerintahan dari data warehouse yang telah diolah serta disajikan secara otomatis oleh sistem. Pengembangan sistem ini menggunakan metode rational unified process. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi serta pengujian sistem. Sistem diuji dengan menggunakan beberapa metode pengujian perangkat lunak yaitu validation testing, compatibility testing serta user acceptance testing. Hasil pengujian terhadap sistem ini menunjukkan bahwa sistem berjalan dengan baik selaras dengan persyaratan yang telah dibuat serta mampu mempermudah Bupati dalam mengakses data pemerintahan serta melakukan tindak lanjut terhadap data yang telah disajikan pada sistem informasi. eksekutif dashboard e-government.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kurniawan, Y., Putra, W., & Purnomo, W. Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif Dashboard E-Government Berbasis Website Menggunakan Metode Rational Unified Process (Studi Kasus: Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 7, p. 7180-7187, agu. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5891>. Tanggal Akses: 28 sep. 2022
Bagian
Artikel