Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus GrabFood)
Kata Kunci:
user experience, evaluasi, GrabFood, design thinking, usabilityAbstrak
Perkembangan teknologi internet dan aplikasi mobile telah membawa kita selangkah lebih maju dalam penerapan teknologi di kehidupan modern. Salah satunya adalah aplikasi untuk mendapatkan barang dan jasa berupa aplikasi pemesanan makanan secara online. Bermacam aplikasi pemesanan makanan online muncul dengan menghadirkan user experience dan user interface yang unik, salah satunya adalah aplikasi GrabFood. Penelitian ini akan meneliti user experience dari aplikasi GrabFood dan melakukan evaluasi untuk menilai dan juga mengetahui kekurangan yang ada pada user experience aplikasi GrabFood. Metode dalam peneltian ini menggunakan design thinking sebagai salah satu metode dalam melakukan perancangan & pengembangan user experience. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dengan melakukan pengujian usability terhadap lima orang responden. Aspek usability yang diuji dalam penelitian ini adalah aspek efektivitas, efisiensi, dan juga kepuasan pengguna. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijalankan, terdapat peningkatan aspek efisiensi berkisar dari 33,1 sampai dengan 67,4 persen dan aspek kepuasan pengguna berkisar dari 3,3 sampai dengan 25,9 persen pada hasil evaluasi berupa prototype aplikasi GrabFood.