Analisis Sentimen Tingkat Kepuasan Pengguna Penyedia Layanan Telekomunikasi Seluler Indonesia Pada Twitter Dengan Metode Support Vector Machine dan Lexicon Based Features
Kata Kunci:
analisis sentimen, Twitter, Support Vector Machine, Lexicon Based FeaturesAbstrak
Analisis sentimen adalah salah satu cabang penelitian dari Text Mining yang berguna untuk mengklasifikasi dokumen teks berupa opini berdasarkan sentimen. Dokumen teks yang digunakan dalam penelitian berasal Twitter tentang opini masyarakat mengenai penyedia layanan telekomunikasi seluler. Metode yang digunakan adalah Support Vector Machine dengan menggunakan Lexicon Based Features sebagai pembaharuan fiturnya selain memakai fitur TF-IDF. Data yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 300 data yang dibagi menjadi dua jenis data dengan perbandingan 70% untuk data latih dan 30% untuk data uji. Hasil akurasi sistem yang diperoleh dari analisis sentimen dengan metode Support Vector Machine dan Lexicon Based Features sebesar 79% menggunakan nilai degree sebesar 2, nilai konstanta learning rate 0,0001, serta jumlah iterasi maksimum sebanyak 50 kali. Sedangkan sistem analisis sentimen tanpa menggunakan Lexicon Based Features menghasilkan tingkat akurasi sebesar 84% dengan nilai parameter yang sama.