Evaluasi Desain Antarmuka Aplikasi Mobile SiGap menggunakan Metode Heuristic Evaluation (Studi Kasus pada BPBD Kabupaten Sidoarjo)
Kata Kunci:
evaluasi, evaluasi usability, heuristic evaluation, persona, severity ratingsAbstrak
Aplikasi SiGap adalah aplikasi mobile resmi yang dimiliki oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo. Aplikasi SiGap digunakan untuk memudahkan masyarakat dalam mengetahui informasi terkait bencana yang terjadi di Sidoarjo. Namun, terdapat beberapa permasalahan pada aplikasi tersebut. Untuk menggali permasalahan pada aplikasi SiGap, maka diperlukan evaluasi usability. Metode evaluasi usability yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Heuristic Evaluation dengan melibatkan 3 orang evaluator usability expert. Selain itu, untuk mendapatkan data yang lebih dalam terkait kesan, harapan dan tujuan dari seorang pengguna ketika mengakses aplikasi, maka dibuatlah sebuah Persona untuk merepresentasikan pengguna aplikasi SiGap. Evaluasi dilakukan sebanyak 2 kali. Pada tahap pertama bertujuan untuk mengetahui permasalahan aplikasi. Dan tahap kedua bertujuan untuk mengetahui permasalahan terhadap perbaikan desain antarmuka yang dibangun berdasarkan evaluasi tahap 1 dan Persona. Evaluasi tahap 1 menghasilkan total temuan masalah sebanyak 21 permasalahan, dengan rata-rata severity rating yang dapat diklasifikasikan menjadi 3 dari 4 kategori yaitu minor,mayor, dan catastrophic. Sedangkan pada evaluasi tahap 2, permasalahan yang ditemukan sebanyak 3 permasalahan.