Pengembangan Aplikasi Web Pelacakan Harga Situs Web E-commerce
Kata Kunci:
e-commerce, diskon palsu, pelacakan harga, scraping, aplikasi webAbstrak
Pada tahun 2017, lima e-commerce di Indonesia dengan jumlah pengunjung unik terbanyak mengalami rata-rata pertumbuhan sebesar 97 persen. Dengan pertumbuhan yang signifikan, perusahaan e-commerce yang baru harus menggunakan berbagai cara agar dapat bersaing dalam industri ini. Namun terdapat e-commerce yang menggunakan cara yang kurang baik, contohnya dengan "diskon palsu", di mana diskon yang diberikan tampak fantastis, namun diskon tersebut diberikan setelah harga asli barang dinaikkan terlebih dahulu. Pengguna tidak menyadari hal tersebut karena tidak mengingat harga sebelum perubahan, serta tidak ada tampilan riwayat harga produk. Berdasarkan masalah tersebut, dikembangkanlah Aplikasi Web Pelacakan Harga Situs Web E-Commerce yang dapat digunakan pengguna e-commerce untuk melakukan pelacakan harga, dengan memasukkan tautan produk ke dalam aplikasi, dilakukan pencatatan harga produk dengan teknik scraping dan hasilnya disimpan dalam basis data sebagai data riwayat harga produk. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan waterfall model, dan hasil implementasi di uji dengan pengujian validasi, pengujian performa, dan pengujian User Acceptance Testing (UAT). Hasil pengujian validasi didapatkan nilai 100% valid, pengujian performa menunjukkan aplikasi memiliki performa yang baik, dan responden pada pengujian UAT memberikan nilai mayoritas positif tanpa ada penilaian negatif, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi web pelacakan harga situs web e-commerce mampu menjadi solusi atas permasalahan diskon dan harga pada e-commerce.