Pengembangan Sistem Informasi Point of Sales untuk Bengkel berbasis Cloud Computing (Studi Kasus: Bengkel Mas Pur Baturaja)
Kata Kunci:
point of sales, cloud computing, Infrastructure as a Service, PHP, MySQL, AWS EC2.Abstrak
Bengkel Mas Pur Baturaja merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbaikan badan kendaraan khususnya roda empat. Sejak awal berdiri perusahaan ini menggunakan pengolahan data manual yang mengharuskan setiap transaksi dicatat dan dibukukan. Dalam pengelolaannya, perusahaan ini memiliki permasalahan yaitu proses transaksi sering kali tidak tercatat sehingga mengakibatkan tidak lengkapnya data-data perusahaan. Dari permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah sistem informasi point of sales untuk bengkel. Sistem informasi point of sales untuk bengkel merupakan sistem informasi berbasis cloud computing yang dapat diakses oleh pengguna melalui web browser, pengguna akan dengan mudah merekap dan mencatat setiap transaksi penjualan dan pembelian yang dilakukan perusahaan. Pengembangan sistem informasi point of sales untuk bengkel menggunakan framework CodeIgniter dengan bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, Javascript serta dengan menggunakan basis data MySQL, untuk implementasi cloud computing akan digunakan jenis layanan Infrastructure as a Service (IaaS) yaitu layanan AWS EC2 dari Amazon Web Service dengan jenis instance t2.micro dan sistem operasi Ubuntu Server 16.04. Dari pengujian yang telah dilakukan, didapatkan bahwa setiap fungsionalitas yang telah didefinisikan telah berhasil diimplementasikan dan 93% telah sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, serta sistem juga sudah berhasil dijalankan pada beberapa web browser yang sering digunakan pada umumnya.