Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Cicil.co.id dengan menggunakan Metode Heuristic
Kata Kunci:
Cicil, usablity, evaluasi heuristic, aplikasi mobileAbstrak
Cicil atau Cicil.co.id adalah sebuah perusahaan startup teknologi berbasis finansial. Tujuannya adalah memberikan akses kemudahan pembiayaan bagi mahasiswa. Namun, berdasarkan hasil ulasan yang terdapat pada Google Play Store bulan Juli hingga Agustus 2019 dan hasil wawancara terhadap tiga pengguna, aplikasi mobile berbasis Android Cicil belum dapat memenuhi kebutuhan penggunanya. Sebagian masalah yang ditemukan berupa permasalahan pada aspek usability. Kesulitan yang dialami pengguna tersebut membuat penggunanya merasa kurang puas terhadap penggunaan aplikasi mobile Cicil dan menyebabkan penggunanya memberikan rating yang rendah untuk ulasan aplikasi mobile Cicil. Penelitian dilakukan untuk menggali permasalahan pada aspek usability yang terdapat pada aplikasi Cicil dengan menggunakan metode heuristic. Nantinya, dari temuan permasalahan yang ada akan dilakukan analisis untuk diberikan rekomendasi perbaikan usability berdasarkan saran dari evaluator, guidelines, aplikasi pendahulu, jurnal, artikel, atau buku yang berkaitan dengan temuan permasalahan. Penelitian ini menggunakan empat orang evaluator yang termasuk dalam kategori regular, dan menghasilkan total 27 permasalahan usability yang meliputi 10 prinsip heuristic Nielsen. Persentase temuan permasalahan tertinggi terdapat pada heuristic number 6 dan 7 yaitu dengan nilai 14,52%, sedangkan persentase heuristic number terendah terdapat pada heuristic number 9 yaitu dengan nilai 3,22%. Setelah melalui tahapan analisis, dari 27 permasalahan usability yang ada, hanya 21 permasalahan yang diberikan rekomendasi rancangan ulang perbaikan antarmuka aplikasi. Enam permasalahan tidak diberikan rekomendasi perbaikan karena beberapa permasalahan dianggap bukan sebuah permasalahan, beberapa diluar batasan masalah dari penelitian yang dilakukan, dan beberapa karena tidak sesuai dengan prinsip dan teori yang ada.