Evaluasi Usability pada Aplikasi Perbankan Jenius dengan Metode Usability Testing
Kata Kunci:
Evaluasi, usability, Aplikasi Perbankan Jenius, usability testing, LEMtool– Measuring Emotions in Visual Interfaces.Abstrak
Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif untuk mendapatkan keuntungan, Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) berupaya memberikan layanan terbaik yang mampu menunjang kebutuhan penggunanya, contohnya yaitu Aplikasi Perbankan Jenius. Aplikasi Perbankan Jenius adalah layanan yang membantu penggunanya untuk melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, atau mengatur keungan dengan lebih aman dan tampilan yang lebih menarik, namun ditemukan permasalahan usability yang didapatkan melalui observasi dan wawancara terhadap aplikasi diantaranya tata letak fitur yang kurang tepat dan kata-kata yang tidak familiar bagi awam, maka itu perlu dilakukan penelitian dengan tiga tahapan yaitu tahap pertama melakukan evaluasi pertama untuk mendapatkan hasil metrik learnability, efficiency, error dengan metode Usability Testing dan satisfaction dengan LEMtool- Measuring Emotions in Visual Interfaces dan ditemukan 7 permasalahan dari 10 task scenario yang diujikan, tahapan kedua yaitu malakukan perbaikan desain antarmuka yang didasarkan pada tingkah laku pengguna, hasil wawancara dan guidelines, tahap ketiga melakukan evaluasi kedua terhadap desain perbaikan yang telah dibuat serta membandingkan hasil pengukuran metrik usability dengan hasil pengukuran metrik usability pada evaluasi pertama. Rekomendasi aplikasi yang diberikan dapat memberikan peningkatan pada metrik learnability dari 64% menjadi 87%, peningkatan pada metrik efficiency dari 0,02 goals/sec menjadi 0,05 goals/sec, penurunan pada metrik error dari 30% menjadi 6% dan peningkatan ada metrik satisfaction dari 56% menjadi 84%.