Perancangan Interaksi dan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Penjualan Balinesia T-Shirt menggunakan Pendekatan Human Centered Design
Kata Kunci:
perancangan, e-commerce, HCD, usability testing, SEQ, CSATAbstrak
Aktivitas belanja online di Indonesia kini meningkat pesat. Untuk itu, para pelaku bisnis perlu menyediakan tempat yang memungkinkan pelanggannya untuk berbelanja online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi yang dapat menangani proses penjualan online di Balinesia T-Shirt, yang selama ini tidak berjalan secara optimal. Pendekatan perancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Human Centered Design (HCD), untuk menghasilkan solusi desain yang dapat memenuhi kebutuhan, mudah digunakan, dan memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengguna. Rancangan sistem yang dihasilkan berupa high-fidelity prototipe berbasis perangkat lunak. Rancangan ini kemudian di evaluasi dengan teknik usability testing. Setelah evaluasi tahap pertama, dilakukan perbaikan dengan menghasilkan 2 alternatif desain. Hasil evaluasi kedua menunjukan bahwa kedua alternatif tergolong mudah untuk digunakan, namun masih perlu dilakukan beberapa perbaikan. Dari aspek kepuasan pengguna didapatkan bahwa seluruh partisipan sudah merasa puas terhadap rancangan sistem.