Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Grafis Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Menggunakan Model APPED Pada Jurusan Multimedia di SMK Negeri 4 Malang
Kata Kunci:
multimedia pembelajaran interaktif, model APPED, multimedia, pemrograman dasarAbstrak
Salah satu dampak perubahan struktur kurikulum (dari kurikulum 2006 menjadi kurikulum 2013) adalah terdapat mata pelajaran pemrograman dasar pada jurusan Multimedia kelas X yang sebelumnya tidak ada. Hal tersebut menyebabkan permasalahan, diantaranya yaitu tidak ada sumber belajar yang relevan dan berdasarkan hasil evaluasi materi fungsi selama melaksanakan Lesson Study pada jurusan Multimedia-C kelas X, 28 siswa dari 37 siswa mendapat nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dari permasalahan tersebut perlu dikembangkan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan menggunakan model APPED dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil evaluasi Produk MPI dinyatakan valid oleh peneliti pada tahap ongoing evaluation, untuk tahap alpha test penilaian dari ahli materi yaitu sebesar 97,80% dan termasuk kategori “sangat validâ€, untuk penilaian dari ahli media yaitu sebesar 68,90% dan termasuk kategori “validâ€, dan untuk penilaian dari ahli instruksional yaitu sebesar 82,50% dan termasuk kategori “sangat validâ€, kemudian produk MPI disebarluaskan untuk mengetahui tingkat efektivitas produk dalam pembelajaran dengan melakukan uji beda menggunakan Wilcoxon signed-rank Test dan menghasilkan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dikarenakan nilai tersebut lebih rendah dari 0,050 maka dapat disimpulkan bahwa produk MPI dianggap efektif.