Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Mobile IZAT (Aplikasi Zero Accident Assistant) Bidang K3 PT PJB UP Gresik Menggunakan Metode Human-Centered Design

Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Mobile IZAT (Aplikasi Zero Accident Assistant) Bidang K3 PT PJB UP Gresik Menggunakan Metode Human-Centered Design

Penulis

  • Dienabillah Gita Fitri Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

usability, usability testing, human-centered design, aplikasi IZAT, kuesioner SUS, prototype

Abstrak

IZAT adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Bidang K3 PT PJB UP Gresik. Dalam penggunaannya, ditemui beberapa permasalahan usability aplikasi IZAT terkait dengan navigasi dan layout dari halaman aplikasi. Dengan adanya permasalahan usability tersebut, aplikasi IZAT perlu dilakukan evaluasi dan juga perbaikan terkait antarmuka yang mempertimbangkan kelima aspek usability oleh Nielsen. Perbaikan akan dilakukan menggunakan metode Human-Centered Design dan menggunakan usability testing (learnability, efficiency, memorability dan error) serta kuesioner SUS termodifikasi (satisfaction) untuk metode pengujiannya. Responden terdiri dari dua jenis yaitu responden Bidang K3 dan Non Bidang K3. Dari hasil pengujian didapatkan data peningkatan sebesar 33,35% untuk masing-masing jenis responden pada aspek learnability, 45,3% untuk Bidang K3 dan 43,2% untuk Non Bidang K3 pada aspek efficiency, kenaikan sebesar 5,23% untuk Bidang K3 dan 2,43% untuk Non Bidang K3 pada rata-rata waktu, 4,25% penurunan persentase jumlah tap pada Bidang K3 dan 0% penurunan persentase jumlah tap pada Non Bidang K3 pada aspek memorability. Aspek error menghasilkan data penurunan tingkat error sebesar 21,5% pada Bidang K3 dan penurunan sebesar 22,6% pada Non Bidang K3. Skor SUS sebagai pengukuran aspek kepuasan didapatkan kenaikan sebesar 25,03 pada Bidang K3 dan kenaikan sebesar 18,37 pada Non Bidang K3. Dari kedua hasil pengujian, diketahui desain solusi memiliki nilai usability yang lebih baik.

Unduhan

Diterbitkan

16 Jan 2020

Cara Mengutip

Fitri, D. G., Tolle, H., & Az-zahra, H. M. (2020). Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Aplikasi Mobile IZAT (Aplikasi Zero Accident Assistant) Bidang K3 PT PJB UP Gresik Menggunakan Metode Human-Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(10), 9661–9670. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6528

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...