Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Barbershop dengan Pendekatan Gamification dan Forward Chaining (Studi Kasus : Goodfellas Barbershop)

Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Barbershop dengan Pendekatan Gamification dan Forward Chaining (Studi Kasus : Goodfellas Barbershop)

Penulis

  • M. Hamzah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Eriq Muhammad Adams Jonemaro Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Management System Information, Barbershop, Gamification, Forward Chaining

Abstrak

Salah satu barbershop favorite di malang berdasarkan Radar Malang Award 2019 adalah GoodFellas Barbershop. Dari proses bisnis yang berlangsung diperoleh beberapa permasalahan yang dialami oleh pihak GoodFellas seperti kurangnya manajemen data pelanggan, pengantrian customer yang masih memanfaatkan note paper, susahnya memberikan hadiah atau promo, customer tidak memiliki gambaran akan potong rambut yang diinginkan, susahnya mengelola product, dan perlunya suatu metode yang membikin pelanggan untuk rutin memotong rambut. Sistem manajemen informasi barbershop ini dibangun untuk membenahi permasalahan tersebut. Sistem ini dibangun dengan pendekatan metode gamification untuk membikin pelanggan rutin memotong rambut dan forward chaining untuk rekomendasi potongan rambut. Proses pengembangan sistem ini dilakukan dengan memanfaatkan metode prototyping dengan dua kali iterasi. Pada tahap analisis kebutuhan diperoleh 54 kebutuhan fungsional setelah 2 kali iterasi dan 2 kebutuhan non fungsional. Pada tahap implementasi dilakukan dengan memanfaatkan framework codeigniter. Pengujian dilakukan dengan 2 pendekatan yaitu pendekatan white-box dan pendekatan black-box. Pendekatan white-box dimanfaatkan untuk pengujian unit dengan hasil 100% valid sedangkan pendekatan black-box dimanfaatkan untuk pengujian validasi dengan hasil 100 % valid. Untuk pengujian non fungsional diperoleh Pengujian compatibility dengan hasil dapat berlangsung di berbagai macam browser dan pengujian usability memanfaatkan metode Task Scenario dengan hasil 100% dan System Usabiliy Scale (SUS) dengan hasil 86.5 yang berarti termasuk kategori acceptable sehingga aplikasi sudah serasi dengan kebutuhan pengguna.

Unduhan

Diterbitkan

16 Jan 2020

Cara Mengutip

Hamzah, M., Brata, A. H., & Jonemaro, E. M. A. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Barbershop dengan Pendekatan Gamification dan Forward Chaining (Studi Kasus : Goodfellas Barbershop). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(10), 9737–9746. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6532

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...