Pengembangan Antarmuka Website E-Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Pemrograman Dasar Dalam Bahasa Pemrograman Java bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
Kata Kunci:
Fakultas Ilmu Komputer, E-Learning, Pembelajaran, Goal Directed Design, User TestingAbstrak
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya merupakan salah satu fakultas yang mendalami ilmu tentang teknologi dan komputer di Indonesia, dari data responden yang saya dapatkan melalui kuesioner yang disebar ke 100 mahasiswa FILKOM ada sekitar 67% menganggap bahwa pemrograman itu penting, namun 52% responden merasa kesulitan mengikuti pembelajaran pada tahun pertama perkuliahan dengan berbagai alasan, salah satunya yaitu kurangnya referensi bahan belajar yang relevan sehingga penelitian ini bertujuan untuk megembangkan antarmuka situs web e-learning untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menggunakan metode Goal Directed Design (GDD). Metode GDD memiliki enam tahapan yang memberikan solusi pengembangan situs web sesuai dengan tujuan pengguna, yaitu Research, Modelling, Requirement, Framework, Refinement, dan Support. Dari keseluruhan proses didapatkan data yang mendukung kebutuhann pengguna seperti persona dan user journey, hierarchical task analysis, desain wireframe, high-fidelity prototype, dan yang terakhir hasil evaluasi. Proses evaluasi dilakukan dengan 2 metode yaitu user testing dan expert evaluation menggunakan immersion testing dengan meminta beberapa expert mencoba produk dan memberikan masukan. Dari sisi pengguna didapatkan masukan positif dan negatif seperti penggunaan desain yang simpel dan mudah dimengerti, beberapa tombol dan informasi yang kurang informatif, hingga penggunaan fitur live coding yang seharusnya diberikan halaman khusus. Sedangkan pada sisi expert masukannya berupa penambahan visualisasi alur debugging, hingga penambahan interaksi berupa thread pada halaman forum diskusi.