Evaluasi Kualitas Layanan E-Government menggunakan Metode E-Govqual dan Importance-Performance Analysis (IPA) (Studi pada Sistem Informasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bogor)
Kata Kunci:
e-Government, website, e-Govqual, IPAAbstrak
Berdasarkan data yang diperoleh dari observasi pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bogor. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan menghasilkan rekomendasi yang dapat diberikan untuk meningkatkan kualitas layanan e-Government DPMPTSP Kabupaten Bogor. Untuk menilai kualitas layanan website digunakan 6 dimensi dan 24 atribut e-Govqual. Dari 100 responden yang dijadikan sampel penelitian, hasil analisis IPA pada tingkat kesesuaian memiliki rata-rata nilai sebesar 94,82% dan nilai tingkat kesenjangan memiliki nilai GAP ≤ 0 yaitu -0,20, artinya kinerja dari layanan website belum dapat memenuhi harapan pengguna. Selanjutnya dari hasil analisis kuadran, didapatkan 5 atribut dengan prioritas utama dan 7 atribut dengan prioritas rendah untuk dilakukan perbaikan layanan. Rekomendasi diberikan berdasarkan literatur atau teori untuk atribut yang perlu dilakukan perbaikan demi meningkatkan kualitas layanan website.