Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan menggunakan Model Four-D pada Siswa SMK Negeri 5 Malang

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan menggunakan Model Four-D pada Siswa SMK Negeri 5 Malang

Penulis

  • Fajar Ramadhanti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Media, Interaktif, Four-D

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran desain grafis percetakan menggunakan model four-d dan mengetahui tingkat pemahaman peserta didik setelah menerima pembelajaran. Media pembelajaran interaktif membantu terjadinya interaksi antara guru dengan peserta didik dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model four-d. Penelitian ini terdiri dari empat tahap, yakni (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, dan (4) Penyebarluasan. Subyek dalam yang diteliti adalah peserta didik kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 5 Malang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi media pembelajaran interaktif, tes pilihan ganda yang meliputi pretest dan posttest, lembar penilaian, kuisioner respon peserta didik. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Media pembelajaran interaktif berbasis e-book desain grafis percetakan dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi dengan rerata hasil validasi oleh validator sebesar 87%, hal ini menunjukkan bahwa media yang dibuat valid dengan kategori “Sangat Baikâ€. (2) Tingkat pemahaman peserta didik yang diperoleh berdasarkan rerata hasil pretest dan posttest. Rerata hasil pretest secara keseluruhan sebesar 64,5. Sedangkan rerata hasil posttest sebesar 78,2. Selisih rerata hasil pretest dan posttest sebesar 13,7. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis e-book desain grafis percetakan mampu meningkatkan pemahaman peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

16 Jan 2020

Cara Mengutip

Ramadhanti, F., Az-Zahra, H. M., & Herlambang, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan menggunakan Model Four-D pada Siswa SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(10), 9806–9814. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6576

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...