Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan Tampilan Aplikasi IBI Library menggunakan Metode Usability Testing
Kata Kunci:
pengujian, evaluasi, usability, Aplikasi iBI Library, usability testing, LEMToolAbstrak
Pada era globalisasi yang semakin berkembang, Bank Indonesia membuat layanan yang dapat menunjang kebutuhan pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah aplikasi perpustakaan digital yang bernama iBI Library. Aplikasi iBI Library memberikan manfaat kepada masyarakat dalam membaca buku dimanapun berada tanpa harus pergi dan mencari buku di perpustakaan. Umpan balik dari beberapa pengguna mengeluhkan karena terdapat beberapa permasalahan seperti kesulitan dalam menemukan fitur untuk mendaftarkan akun, beberapa tombol yang tidak responsif, dan fitur yang kurang familiar bagi pengguna. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi terhadap nilai usability pada aplikasi ini melalui 3 tahap yaitu evaluasi awal untuk mengukur komponen learnability, efficiency, error lalu survey kepuasan menggunakan LEMTool untuk mengukur komponen satisfaction, tahap kedua yaitu membuat rekomendasi perbaikan berdasarkan permasalah yang ditemukan melalui observasi dan wawancara, tahap ketiga yaitu melakukan evaluasi lanjut terhadap hasil perbaikan yang telah dibuat berdasarkan beberapa gabungan guidelines lalu dibandingkan nilai evaluasi awal dan evaluasi lanjut. Peserta uji yang dijadikan responden adalah Peserta uji usability dan wawancara merupakan pengunjung perpustakaan (pemustaka) yang merupakan pengguna yang memiliki karakter leisure or necessity factor yaitu hanya sekedar mengisi waktu luang dan subject of study yang berarti memiliki subjek bidang yang sedang didalami. Secara keseluruhan, Rekomendasi perbaikan yang telah dibuat memberikan peningkatan nilai komponen learnability dengan nilai 71,45% menjadi 91,62%, peningkatan nilai komponen efficiency dengan nilai 0,04 goals/sec menjadi 0,07 goals/sec, penurunan nilai komponen error dengan nilai 17,5% menjadi 2,8%, dan peningkatan kualitas satisfaction dengan rata - rata nilai emosi positif sebesar 54,8% dan emosi negatif sebesar 45,2% menjadi 97,6% dan emosi negatif sebesar 2,4% setelah dilakukan perbaikan.