Evaluasi Usability Aplikasi Mobile menggunakan Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) (Studi Kasus: SOCO, Althea dan Sephora)
Kata Kunci:
Usability, Usability Testing, Task Scenario, System Usability ScaleAbstrak
Satu dekade ini, masyarakat Indonesia mulai menerima masuknya e-commerce sebagai media jual beli secara online. Eksistensi e-commerce memanjakan pembeli dengan variasi produk yang lebih banyak karena jangkauan pasar yang lebih luas dibandingkan dengan produk yang dijual di toko fisik. Namun fenomena penyebaran e-commerce tidak selaras dengan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang menyatakan masih ada 58,8% dari total pengguna Internet di Indonesia tidak pernah melakukan transaksi belanja online dan terdapat 12,2% pengguna yang tidak pernah melakukan transaksi belanja online karena belum bisa menggunakan aplikasi. Masih banyak aplikasi mobile di pasaran yang susah untuk digunakan dan dipelajari karena e-commerce biasanya memiliki tampilan antarmuka yang sangat kompleks dengan berbagai lapisan menu. Padahal, aspek usability merupakan kunci keberhasilan aplikasi dan syarat penerimaan pengguna terhadap aplikasi mobile. Evaluasi dilakukan pada aplikasi yang menjual produk kecantikan yaitu SOCO, Sephora, dan Althea. Evaluasi usability dilakukan menggunakan pengujian task scenario, kuesioner SUS, dan wawancara. Hasil akhir evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi Althea lebih unggul pada semua parameter pengujian task scenario. Skor akhir penilaian kuesioner SUS pada aplikasi Althea juga paling tinggi dibandingkan dengan aplikasi SOCO dan Sephora. Hasil evaluasi ini juga selaras dengan hasil wawancara responden yang memberikan tanggapan positif aplikasi Althea karena memiliki desain paling simple.