Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Sistem Komputer untuk Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Malang dengan Model Pengembangan 4-D
Kata Kunci:
pengembangan media pembelajaran, e-modul, 4-D model, sistem komputer, sekolah menengah kejuruanAbstrak
SMK Negeri 2 Malang memiliki sejumlah program keahlian, salah satunya adalah Teknik Komputer dan Jaringan. Saat pembelajaran, siswa tidak diberikan modul, guru menggunakan metode pengajaran menggunakan media pengajaran powerpoint. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk E-Modul. Dengan harapan bahwa E-Modul dapat memotivasi dan menarik perhatian siswa pada materi yang disajikan. Pengembangan E-Modul dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D karena cocok untuk pengembangan perangkat pengajaran. Metode pengumpulan data digunakan dalam bentuk wawancara, kuesioner dan tes. Berdasarkan kuesioner, uji validasi ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa E-Modul dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam proses pengajaran dengan persentase rata-rata keseluruhan dari ahli materi sebesar 98,96% dan ahli media sebesar 80,00%. Hasil pre-test yang dilakukan oleh 31 siswa mendapatkan rata-rata sebesar 50,45 dan rata-rata nilai post-test sebesar 91,74. Selain itu, hasil uji-t memperoleh nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yakni sebesar 0,000. Dari hasil yang diperoleh dari analisis, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dalam bentuk E-Modul yang telah dikembangkan dapat digunakan secara efektif dalam proses pengajaran.