Pengembangan Lanjut Aplikasi Entertaiment Terminal berbasis Sistem Kendali Head Movement Control System pada Perangkat iOS

Pengembangan Lanjut Aplikasi Entertaiment Terminal berbasis Sistem Kendali Head Movement Control System pada Perangkat iOS

Penulis

  • Arifin Firdaus Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Adam Hendra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

entertaiment, HEMOCS, enhancement, iOS, kontrol kepala

Abstrak

Pada era modern ini, smartphone berperan penting dalam hiburan di masyarakat. Namun, bagi pengguna disabilitas gerak tangan, berinteraksi dengan smartphone tidak mudah. Pada tahun 2018, dilakukan penelitian pengembangan aplikasi Entertaiment Terminal berbasis Head Movement Control System (HEMOCS) pada iOS. Penelitian tersebut memiliki hasil akurasi sebesar 86.2%. Berdasarkan analisis evaluasi terhadap 5 orang responden aplikasi tersebut pada tahun 2019, maka diperlukan adanya pengembangan lanjut dari sisi tampilan, fungsi dan akurasi. Maka dalam penelitian ini, penulis mengembangan lanjut aplikasi Entertaiment Terminal berbasis HEMOCS pada perangkat iOS untuk meningkatkan aspek tersebut. Pengembangan tampilan dilakukan dengan cara mengubah tampilan, termasuk menggunakan komponen iCarousel sebagai komponen view ada konten yang berbentuk list. Pengembangan fungsi dilakukan atas dasar saran dari peneliti sebelumnya, yaitu menambah fungsi membaca konten secara offline dan online. Pengembangan konten video online dilakukan dengan library YouTube iOS Player Helper. Pengembangan konten musik offline dilakukan dengan membaca musik yang ada pada perangkat lunak dengan bantukan framework dari Apple yang bernama MediaPlayer. Pengembangan akurasi dilakukan dengan cara melakukan pengubahan pada struktur kode aplikasi, termasuk kode HEMOCS. Hal ini dilakukan agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Pengujian pada penelitian ini menggunakan pengujian fungsional, yaitu pengujian unit, integrasi dan validasi dengan hasil valid. Sementara, pengujian non-fungsional meliputi pengujian akurasi. Pengujian akurasi menggunakan skenario untuk berinteraksi dengan aplikasi dan menghasilkan nilai akurasi sebesar 89.44%. Jika dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, maka hasil uji akurasi pada penelitian meningkat pada akurasi sebesar 3.71%.

Unduhan

Diterbitkan

17 Jan 2020

Cara Mengutip

Firdaus, A., Brata, A. H., & Tolle, H. (2020). Pengembangan Lanjut Aplikasi Entertaiment Terminal berbasis Sistem Kendali Head Movement Control System pada Perangkat iOS. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(10), 9966–9974. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6636

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...