Pengembangan Aplikasi Belajar Pegon Berbasis Android Dengan Menerapkan Metode User Centered Design
Kata Kunci:
user centered design, pembelajaran, pegon, androidAbstrak
Abjad Arab Jawa atau lebih diketahui dengan nama pegon ialah sandi lama yang sempat menjadi abjad utama dalam berbagai kegiatan tulis menulis di Nusantara. Di masa kini penggunaan pegon tidak sebanyak zaman dulu, namun dalam pesantren pegon masih sering digunakan dalam proses pembelajaran, bahkan pegon menjadi sebuah mata pelajaran yang diajarkan dengan alokasi waktu 45 menit. Namun walau pegon bahkan diajarkan sebagai mata pelaran, dalam penerapannya pembelajaran pegon kurang efektif, dikarenakan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Jikapun ada media pembelajaran media tersebut hanya bersifat terbatas dan digunakan oleh kalang sendiri. Dengan melihat dan memanfaatkan kondisi di lapangan, maka akan dikembangkan sebuah aplikasi pembelajaran abjad pegon dengan menggunakan metode User-Centered Design yang mengacu pada experience pengguna sehingga dapat membuat aplikasi pembelajaran abjad pegon ini memiliki nilai usability yang cukup baik untuk digunakan oleh siswa dan pengajar, dan mampu membuat pembelajaran pegon lebih efektif. Disamping itu metode UCD bersifat iteratif yang artinya dapat menggali kebutuhan pengguna end-user yang dapat berubah-ubah secara langsung. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi pembelajaran abjad pegon dengan hasil pengujian usability menggunakan kuesioner USE terdapat hasil rata-rata kelayakan pada kriteria usefulness sebesar 89,14%, kriteria ease of use sebesar 93,5%, kriteria ease of learning sebesar 100%, dan kriteria satisfaction sebesar 92,33%. Untuk rata-rata hasil nilai uji usability menggunakan task scenario didapati 95%.