Implementasi Metode Linear Discriminant Analysis (LDA) Untuk Klasifikasi Pengambilan Mata Kuliah Pilihan

Implementasi Metode Linear Discriminant Analysis (LDA) Untuk Klasifikasi Pengambilan Mata Kuliah Pilihan

Penulis

  • Ayu Anggrestianingsih Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agus Wahyu Widodo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Tanzil Furqon Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pengambilan mata kuliah pilihan, linear discriminant analysis, LDA, Klasifikasi

Abstrak

Fakultas Ilmu Komputer merupakan salah satu fakultas terbaik yang berada di Universitas Brawijaya. Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) memiliki beberapa jurusan salah satunya adalah jurusan Informatika yang paling banyak diminati oleh mahasiswa FILKOM. Ketika mahasiswa memasuki semester 5, maka mereka diwajibkan untuk memilih keminatan yang sesuai dengan kemampuannya. Bidang studi yang ditawarkan ada beragam salah satunya adalah kecerdasan buatan, dimana pada penelitian ini, akan berfokus pada pengambilan mata kuliah pi lihan keminatan pada bidang Kecerdasan Buatan, untuk membantu mahasiswa memilih keminatan yang sesuai dengan kemampuannya. Pada penelitian ini, menggunakan metode Linear Discriminant Analysis (LDA) agar bisa mendapatkan akurasi yang baik untuk pengambilan mata kuliah. Data latih yang digunakan sebanyak 30 data, dimana masing-masing kelas terdiri dari 15 data untuk kelas ya dan 15 data untuk kelas tidak dengan 5 mata kuliah pilihan. Maka didapatkan nilai akurasi untuk masing-masing mata kuliah pilihan seperti Logika Fuzzy 40%, Sistem Pendukung Keputusan 40%, Pengolahan Citra Digital 80%, Algoritma Evolusi 20% dan Sistem Pakar 40%.

 

Unduhan

Diterbitkan

22 Jan 2020

Cara Mengutip

Anggrestianingsih, A., Widodo, A. W., & Furqon, M. T. (2020). Implementasi Metode Linear Discriminant Analysis (LDA) Untuk Klasifikasi Pengambilan Mata Kuliah Pilihan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(10), 10337–10343. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6675

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...