Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
PT. MaksiPlus Utama Indonesia merupakan perusahaan distribusi yang bergerak di bidang pertanian, perikanan, dan peternakn di Indonesia. Pihak PT. MaksiPlus Utama Indonesia menginginkan adanya marketplace penjualan ikan lele bernama Lelenesia yang nantinya dapat menciptakan rantai suplai yang kuat antara pembudidaya ikan lele, penjual ikan lele olahan, dan konsumen akhir. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis memberikan sebuah solusi dengan merancang user experience dari aplikasi berbasis mobile Lelenesia yang menciptakan hasil akhir berupa prototype high-fidelity. Sehingga dengan adanya perancangan ini, dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan jual beli ikan dengan mudah dan dapat meningkatkan perekonomian Indonesia. Proses perancangan ini menggunakan metode design thinking, di mana terdapat lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan validate. Pengujian pada penelitian ini akan mencapai aspek learnability, efficiency, dan satisfaction dengan menggunakan usability testing dengan task scenario dan system usability scale. Berdasarkan hasil pengujian tersebut untuk sistem konsumen diperoleh nilai 85 yang di mana masuk ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent. Untuk sistem penjual olahan didapat nilai 85,5 yang di mana masuk ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent. Sedangkan pada sistem pembudidaya, diperoleh angka 84 di mana tergolong ke dalam karakteristik tingkat acceptability tinggi, grade scale sama dengan B, dan adjective rating tergolong excellent.