Evaluasi Usability dan Rekomendasi Perbaikan pada Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Kediri menggunakan Metode Heuristic Evaluation
Kata Kunci:
usability, heuristic evaluation, severity rating, aplikasi e-kinerjaAbstrak
E-Kinerja Kab. Kediri merupakan sebuah E-Government berupa aplikasi sistem informasi yang mencatat serta melaporkan kinerja setiap pegawai di lingkungan Pemerintah Kab.Kediri. Berdasarkan wawancara singkat yang dilakukan kepada pengguna aplikasi, dapat diketahui bahwa ada beberapa masalah terkait usability yang dirasakan pengguna. Adanya masalah usability dapat mengurangi produktivitas pengguna dalam menggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, evaluasi untuk menemukan dan mengatasi masalah usability pada suatu antarmuka sangat diperlukan. Heuristic Evaluation merupakan sebuah metode untuk melakukan evaluasi usability yang melibatkan ahli sebagai evaluator dalam menilai elemen-elemen yang ada pada suatu sistem mengikuti prinsip heuristic usability. Prinsip heuristic usability yang digunakan oleh evaluator pada penelitian ini meliputi sembilan prinsip yang diusulkan oleh Monroy. Evaluator menilai severity rating setiap masalah usability yang ditemukan dengan nilai skala 1-5. Evaluasi dilakukan dalam tiga tahap, yaitu evaluasi awal, pemberian rekomendasi perbaikan berupa rancangan wireframe dan desain high fidelity prototype, dan evaluasi lanjut. Evaluasi awal dan evaluasi lanjut dilakukan oleh tiga evaluator yang sama. Evaluasi awal menghasilkan 23 temuan masalah usability sedangkan evaluasi lanjut menghasilkan dua temuan masalah usability yang terdiri dari dua temuan masalah usability baru dan tiga masalah usability lama yang masih belum hilang.