Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggunakan Metode Human Centered Design
Kata Kunci:
Humand Centered Design, Task Scenario, High Fidelity, System Usability ScaleAbstrak
Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggunakan website sebagai media untuk menyampaikan informasi kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di Kabupaten Kediri dan sebagai pusat informasi kepegawaian semua pihak yang berhubungan dengan kesehatan. Dari hasil wawancara ditemukan masalah, pengguna kesulitan dalam mencari informasi dalam website. Hal ini dikarenakan website tersebut tidak melibatkan pengguna dalam pengembangannya. Selain itu website tersebut belum pernah diperbarui dari segi antarmuka sejak tahun 2014. Sehingga evaluasi dengan pendekatan Human Centered Design diperlukan dalam peningkatan usability website tersebut. Penelitian ini memiliki 4 tahapan yaitu menentukan konteks pengguna, menspesifikasikan kebutuhan pengguna, menghasilkan solusi desain dan evaluasi desain. Penelitian ini menggunakan pengujian dengan melakukan wawancara terhadap 6 orang pengguna website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri untuk menggali permasalahan dan mendapatkan masukan perbaikan. Selain itu penelitian ini juga menggunakan pengujian dengan kuesioner SUS yang diberikan kepada 20 orang responden untuk mendapatkan nilai usability. Dari hasil evaluasi awal didapatkan analisis permasalahan dan usulan yang dijadikan acuan perbaikan pada website tersebut Perbaikan yang dilakukan dari segi pemilihan warna, penambahan halaman baru, pemberian navigasi petunjuk halaman dan menghilangkan navigasi breadcrumb. Dari evaluasi akhir perbaikan tersebut menghasilkan nilai dari kuesioner SUS sebesar 80.25. Hasil tersebut didukung dengan respon positif dari hasil wawancara pengguna yang mayoritas menyatakan website tersebut lebih mudah digunakan.