Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pencari Partner Lomba Bagi Mahasiswa Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
user experience, pengujian usability, task scenario, System Usability Scale (SUS), user experience, usability testing, task scenario, System Usability Scale (SUS)Abstrak
Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap 350 mahasiswa FILKOM Universitas Brawijaya yang terdiri dari angkatan 2016, 2017, dan 2018, terbukti sebanyak 80% dari responden pernah merasa kebingungan saat mencari partner atau anggota tim untuk diajak mengikut lomba. Berawal dari keresahan mahasiswa tersebut, maka dibutuhkan sebuah perancangan user experience aplikasi mobile untuk membantu mahasiswa dalam mencari partner atau anggota tim lomba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode design thinking yang tahapannya terdiri dari pengumpulan informasi dengan melakukan wawancara dan pembagian kuesioner kepada responden untuk mengetahui masalah dan perilaku dari pengguna, analisis kebutuhan untuk mengetahui dan menentukan masalah dan kebutuhan yang menjadi prioritas, perumusan ide solusi untuk menemukan solusi-solusi dari masalah dan kebutuhan yang ada, pembuatan prototipe untuk merealisasikan solusi-solusi kedalam bentuk fitur, dan pengujian usability untuk menguji aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan terhadap desian solusi aplikasi. Pengujian usability dilakukan dengan menggunakan dua metode, yaitu task scenario untuk mengukur aspek efektivitas dan efisiensi dan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur aspek kepuasan. Desain solusi aplikasi yang dibuat mendapatkan skor 85% pada aspek efektivitas, 62,87% pada aspek efisiensi, dan 72,5% pada aspek kepuasan. Ketiga aspek tersebut kemudian dirata-rata dan mendapatkan nilai akhir usability sebesar 73,46% yang termasuk ke dalam golongan B (good).