Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang
Kata Kunci:
hasil belajar, minat belajar, gaya belajar kemampuan berpikir kreatif, dasar desain grafis.Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Pengambilan data minat belajar dan gaya belajar menggunakan kuesioner dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan asesmen, sedangkan data hasil belajar dari nilai akhir siswa tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh, artinya menggunakan seluruh anggota populasi menjadi sampel yang berjumlah 50 siswa kelas X TKJ dan MM SMK PGRI 2 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,668 > 0,05. Gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,272 > 0,05. Kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signfikasi 0,643 > 0,05. Minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,72 > 0,05.