Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang

Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang

Penulis

  • Dian Agus Sasmita Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

hasil belajar, minat belajar, gaya belajar kemampuan berpikir kreatif, dasar desain grafis.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Malang yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Pengambilan data minat belajar dan gaya belajar menggunakan kuesioner dan kemampuan berpikir kreatif menggunakan asesmen, sedangkan data hasil belajar dari nilai akhir siswa tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh, artinya menggunakan seluruh anggota populasi menjadi sampel yang berjumlah 50 siswa kelas X TKJ dan MM SMK PGRI 2 Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan minat belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,668 > 0,05. Gaya belajar tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,272 > 0,05. Kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signfikasi 0,643 > 0,05. Minat belajar, gaya belajar, dan kemampuan berpikir kreatif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai signifikasi 0,72 > 0,05.

Unduhan

Diterbitkan

03 Sep 2020

Cara Mengutip

Sasmita, D. A., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2020). Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK PGRI 2 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 2990–2997. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7841

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...