Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Malang e-Policing dengan Pendekatan Human Centered Design

Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Malang e-Policing dengan Pendekatan Human Centered Design

Penulis

  • Imam Safi'i Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Komang Candra Brata Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Usability, Antarmuka Pengguna, Human Centered Design (HCD), Usability Testing, Questionnaire for User Interface Satisfaction (QUIS)

Abstrak

Polres Malang meluncurkan aplikasi Malang e-Policing yang digunakan untuk kegiatan melayani masyarakat baik dalam hal pencatatan, mengatasi pelaporan tindak kriminal, penyuluhan/sosialisasi tindak kriminal, penyebaran informasi dan kebutuhan lainnya. Namun aplikasi tersebut masih terdapat keluhan dari pengguna terkait usability seperti tulisan yang terlalu kecil dan tertumpuk background, tidak ada tombol back (kembali) di beberapa menu, dan tidak ada tombol edit di pengaturan profil. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usability dan perbaikan antarmuka aplikasi Malang e-Policing dengan Human Centered Design (HCD). HCD merupakan pendekatan untuk desain sistem dan pengembangan yang lebih interaktif dengan fokus tidak hanya kepada pengguna tetapi juga stakeholder. Pada HCD tahap pertama adalah understand and specify the context of use yang menghasilkan Identifikasi terhadap pengguna, stakeholder, karakteristik pengguna, tugas dan tujuan, serta lingkungan sistem. Tahap kedua Specify the user requirements, dilakukan dengan usability testing, kuesioner QUIS, dan wawancara menghasilkan 14 permasalahan usability dan antarmuka. Ketiga adalah produce design solutions dari tahap tersebut menghasilkan rancangan information architecture, wireframe, mockup, dan prototype. Tahap keempat atau terakhir yaitu evaluate the design dengan hasil nilai learnability 99,75%, efficiency 99,7%, errors 0,07%, memorability segi waktu 15,15% dan jumlah tap 9,36%, serta satisfaction 95,46%. Dari hasil evaluasi dapat disimpulkan desain perbaikan memberikan dampak baik terhadap usability aplikasi Malang e-Policing.

Unduhan

Diterbitkan

07 Sep 2020

Cara Mengutip

Safi'i, I., Brata, K. C., & Az-Zahra, H. M. (2020). Evaluasi Usability dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Malang e-Policing dengan Pendekatan Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(9), 3037–3046. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7854

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...