Pengembangan Aplikasi Peta Interaktif Tiga Dimensi Studi Kasus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
Kata Kunci:
3D, lingkungan virtual, peta interaktif, Unity3DAbstrak
Penggunaan aplikasi virtual sebagai pengganti berbagai hal pada dunia nyata semakin marak dilakukan dengan semakin berkembangnya teknologi. Dikarenakan terdapat berbagai kelebihan dari alternatif virtual dari berbagai hal yang ada pada dunia asli, maka diperlukanlah representasi virtual dari area FILKOM UB. Representasi virtual dari area FILKOM UB berbentuk peta virtual 3D. Pada area virtual FILKOM UB didapati berbagai obyek yang membuat representasi virtual semakin realistis dan menambahkan informasi kepada pengguna. Aplikasi peta virtual memiliki dua mode interaktif yaitu mode eksplorasi dan mode peta 3D. Dengan adanya dua mode maka pengguna mendapatkan kebebasan untuk merasakan representasi virtual dari area FILKOM UB. Pengembangan aplikasi peta virtual dibagi menjadi tahap pengumpulan data, analisis, perancangan, dan implementasi. Peta virtual dari FILKOM UB dibuat dengan menggunakan game engine Unity3D, pemilihan game engine berdasarkan kebutuhan dari aplikasi yang tidak banyak dan kemampuan Unity3D untuk menampilkan grafis yang realistis. Obyek yang terdapat pada aplikasi dibuat menggunakan aplikasi blender3D. Aplikasi dijalankan pada komputer desktop maupun laptop, hal ini dipilih karena keterbatasan ukuran dari perangkat mobile sehingga fungsi aplikasi tidak dapat berjalan dengan maksimal. Hasil pengujian dari aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi dapat menjalankan kebutuhan fungsional dengan baik.