Pengembangan Aplikasi Pembayaran Tagihan Listrik berbasis Web (Studi Kasus : Griya Bayar Respon)
Kata Kunci:
Pembayaran, Tagihan Listrik, Waterfall, Website, Object oriented, SMS GatewayAbstrak
Pada era modern seperti saat ini, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang semakin ketat untuk memenuhi harapan konsumen dengan memberikan pelayanan yang memuaskan. Sehingga perlu didukung dengan pemanfaatan teknologi informasi, dengan tujuan menghasilkan keuntungan serta dapat bersaing dalam pasar yang lebih luas. Aplikasi Pembayaran Tagihan Listrik merupakan sistem monitoring pembayaran tagihan listrik yang diperuntukkan untuk membantu admin, kolektor dan anggota griya bayar. Pengembangan aplikasi pembayaran tagihan listrik mengambil studi kasus pada Griya Bayar Respon, Kabupaten Malang. Proses pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode waterfall, dimulai dari analisis kebutuhan hingga pengujian dengan pendekatan object oriented. Pada tahap analisis kebutuhan menghasilkan 23 kebutuhan fungsional. Tahap implementasi memanfaatkan kerangka kerja Laravel. Pengujian sistem yang dilakukan adalah pengujian unit dengan hasil 100% data valid dari 4 pengujian fungsionalitas, pengujian integrasi menghasilkan 100% valid dan pengujian validasi menghasilkan 100% data valid dari 23 fungsionalitas kasus uji. Pengujian non fungsional diuji menggunakan parameter compatibility dan usability. Compatibility diuji menggunakan software Sortsite dengan hasil bahwa aplikasi pembayaran tagihan listrik dapat dijalankan pada beberapa browser diantaranya internet explorer(IE), Edge, Firefox, Safari, Opera, Chrome, iOS dan Android. Usability menghasilkan nilai SEQ sebesar 82,8% dengan kategori Sangat Baik dan Berhasil, dan nilai SUS diperoleh rata-rata sebesar 74 yang artinya Acceptable.