Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Library Perpustakaan Kota Malang menggunakan Metode Usability Testing
Kata Kunci:
usability, user experience, SUSAbstrak
Perpustakaan Kota Malang merupakan perpustakaan umum di Malang, provinsi Jawa Timur. Dalam menunjang prasarana mengenai sistem informasi dan komunikasi, perpustakaan ini memanfaatkan media mobile library dalam penyebaran informasi terkait perpustakaan kepada masyarakat umum. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat usability dari aplikasi mobile library Perpustakaan Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain yaitu pengujian tugas secara langsung kepada pengguna untuk mengukur aspek efficiency, learnability, dan errors dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS) untuk mengukur aspek satisfaction. Penelitian ini melibatkan 30 responden yang terbagi dalam kategori siswa, mahasiswa, dan umum. Untuk menganalisis data-data hasil pengujian tugas digunakan matrik success rate yang mana akan menilai tingkat learnability dan didapatkan hasil sebesar 71,4%. Aspek efficiency diukur menggunakan matrik time-based efficiency yang kemudian didapatkan hasil 0,0428215 task/s dari sembilan tugas. Untuk aspek errors diukur menggunakan matrik defective rate yang kemudian didapatkan hasil rata-rata dari kesembilan tugas sebesar 0,513. Aspek terakhir adalah satisfaction yang diujikan menggunakan SUS kuesioner dan didapatkan hasil sebesar 20,67, dari hasil tersebut diketahui bahwa status satisfaction aplikasi mobile library Perpustakaan Kota Malang masih termasuk kedalam kategori buruk. Selain itu penelitian ini juga menghasilkan desain perbaikan antarmuka pengguna yang berdasar pada permasalahan yang ditemukan.