Pengaruh Facilitating Conditions dan Behavioral Intention terhadap Use Behavior pada Pengguna Aplikasi BNI Mobile Banking
Kata Kunci:
aplikasi, mobile banking, analisis, pengaruh, facilitating condition, behavioral intention, use behavior, unified theory of acceptance and use of technologyAbstrak
BNI mobile banking merupakan layanan/aplikasi yang dapat memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi perbankan secara aman, mudah, dan cepat melalui smartphone. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat perilaku pengguna aplikasi BNI mobile banking berdasarkan model unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT). Penelitian ini akan melakukan analasis pengaruh variabel facilitating condition dan behavioral intention terhadap variabel use behavior. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan 15 butir pertanyaan kepada 100 responden dan dilakukan secara online. Data penelitian diolah dengan pendekatan deskriptif dan perhitungan data menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan variabel yang berada dikategori sangat tinggi adalah facilitating condition sebesar 84% dan behavioral intention sebesar 82%, sedangkan variabel use behavior dikategorikan tinggi dengan nilai 64%. Hasil penelitian juga menunjukkan variabel facilitating condition dan behavioral intention memiliki pengaruh positif terhadap variabel use behavior.