Evaluasi dan Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Menggunakan Metode Usability Testing dan Human-Centered Design (Studi Kasus: DPAD Malang Mobile Library)
Kata Kunci:
antarmuka, human-centered design, evaluasi, usability testing, material designAbstrak
Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang merupakan perpustakaan daerah yang berada di Kota Malang. Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang sudah mempunya aplikasi sendiri yang langsung terintegrasi dengan perpustakaan dengan nama DPAD Malang Mobile Library. Pada saat penggunaan aplikasi DPAD Malang Mobile Library, pengguna aplikasi mengalami berbagai permasalahan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Salah satu contoh, apabila pengguna menekan tombol kembali di telefon genggam maka aplikasi tersebut akan ditutup. Selain itu, penulis sudah melakukan penelitian awal menggunakan metode UEQ kepada 20 anggota perpustakaan. Penelitian tersebut menghasilkan nilai “Bad†terhadap seluruh skala UEQ kecuali skala Kejelasan dengan nilai “Below Averageâ€. Kemudian, pihak perpustakaan masih belum mengunggah aplikasi ke Google Play karena perlu dilakukan penyempurnaan aplikasi dari sisi desain antarmuka. Apabila aplikasi di unggah tanpa menyempurnakan desainnya maka akan menimbulkan pengalaman negatif pada pengguna. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan evaluasi dan perbaikan terhadap aplikasi menggunakan pendekatan Human-Centered Design (HCD) dan evaluasi menggunakan Usability Testing. Tahapan dalam penelitian ini diantaranya menentukan konteks penggunaan melalui observasi dan wawancara, melakukan evaluasi awal dengan metode Usability Testing dan menspesifikasikan persyaratan pengguna, membuat solusi desain dengan menggunakan panduan Material Design, melakukan evaluasi terhadap solusi desain dengan metode Usability Testing, dan memperbaiki solusi desain dengan menggunakan panduan Material Design.