Klasifikasi Pengaduan Pelayanan Dispendukcapil Kota Malang Menggunakan Metode Naive Bayes dan Seleksi Fitur Glasgow-II
Kata Kunci:
DISPENDUKCAPIL, pengaduan pelayanan, klasifikasi, Naïve Bayes, Seleksi Fitur Glasgow-IIAbstrak
Pelayanan setiap dinas tidak akan pernah luput dari ketidaksempurnaan tak terkecuali dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL). Perbaikan pelayanan bertujuan untuk menimbulkan rasa nyaman dan meningkatkan kepuasan serta rasa percaya terhadap pegawai DISPENDUKCAPIL bagi penduduk Kota Malang. Kategori atau jenis-jenis pengaduan yang sering masuk ke DISPENDUKCAPIL yaitu pengaduan tentang masalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akte (kelahiran, kematian, dan nikah), surat pindah atau datang. Kategorisasi berbagai macam jenis pengaduan pelayanan yang telah dikirim ke DISPENDUKCAPIL dapat dilakukan dengan menggunakan klasifikasi. Klasifikasi pengaduan pelayanan dilakukan menggunakan metode Naive Bayes dan Seleksi Fitur Glasgow-II. Proses yang dilakukan dimulai dari text preprocessing, term weighting, Seleksi Fitur, Naive Bayes training, dan Naive Bayes testing. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode Naive Bayes dan Seleksi Fitur Glasgow-II didapatkan nilai accuracy, precision, recall sebesar 87,5%, 85,1%, 88,075% dan rata-rata akurasi sebesar 81,25%. Sedangkan dengan menggunakan metode Naive Bayes tanpa Seleksi Fitur Glasgow-II didapatkan nilai accuracy, precision, recall sebesar 84,375%, 83,1%, 81,5625% dan rata-rata akurasi sebesar 79,99%. Sehingga penggunaan metode Naive Bayes dan Seleksi Fitur Glasgow-II mampu memberikan hasil yang lebih baik.