Pengembangan Aplikasi Android Rekomendasi Lapangan Badminton di Kota Malang dengan Group Decision Support System (GDSS) dan Location Based Service (LBS)
Kata Kunci:
Android, Badminton, Borda, GDSS, LBS, TOPSISAbstrak
Olahraga badminton merupakan salah satu olahraga paling terkenal di Indonesia. Badminton merupakan jenis olahraga yang cara memainkannya adalah dengan memukul kok menggunakan raket hingga kok melampaui sebuah jarring atau net yang direntangkan ditengah lapangan. Dalam memilih lapangan badminton biasanya dilakukan bersama sekelompok teman/lawan bermain. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi rekomendasi lapangan badminton di kota Malang dengan menggunakan Group Decision Support System (GDSS) yang dapat memberikan rekomendasi untuk sekelompok pengguna. Aplikasi ini dibangun untuk sistem operasi Android. Untuk mendapatkan hasil rekomendasi kelompok digunakan algoritme TOPSIS dan Borda. Aplikasi akan menampilkan daftar lapangan badminton di Malang beserta detail informasi dan lokasi lapangan. Aplikasi juga menerapkan metode Location Based Service (LBS) yang ditandai dengan adanya fitur petunjuk arah, sehingga pengguna dapat dengan mudah mencari rute menuju lapangan badminton yang diinginkan menggunakan bantuan aplikasi Google Maps. Terdapat 3 kriteria yang digunakan pada aplikasi yaitu harga, jarak, dan jumlah lapangan. Pengujian kebutuhan fungsional dengan metode blackbox didapatkan hasil 100%. Hasil pengujian perbandingan keluaran sistem dengan perhitungan manual didapat hasil 100% valid. Pengujian usability dengan menggunakan SUS memperoleh nilai rata-rata 80 dengan Grade Scale mendapat nilai B dan Adjective Rating mendapat nilai Good.