Perancangan User Experience dan Gamifikasi Pada Aplikasi Pembelajaran Online Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Octalysis Framework

Perancangan User Experience dan Gamifikasi Pada Aplikasi Pembelajaran Online Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Octalysis Framework

Penulis

  • Vivian Dzikriany Azis Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

user experience, gamifikasi, octalysis framework, human-centered design, e-learning, TUXEL

Abstrak

Fleksibilitas dari kegiatan belajar mengajar menjadi salah satu kebutuhan mahasiswa dan tenaga pendidik di era teknologi yang telah berkembang pesat. Pembelajaran mandiri secara mobile diharapkan dapat menunjang aktivitas pembelajaran di perkuliahan terutama untuk mahasiswa yang berkuliah di Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Belum tersedianya platform khusus yang memadai untuk pembelajaran online menjadi permasalahan utama di Jurusan ini. Oleh karena itu, diperlukan solusi dan inovasi baru terhadap pembuatan aplikasi pembelajaran online menggunakan konsep MOOC. Perancangan user experience yang dilakukan juga memiliki penambahan elemen gamifikasi agar dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik sekaligus dapat meningkatkan motivasi siswa. Penambahan elemen gamifikasi perlu dimulai dengan pengidentifikasian profil pengguna menggunakan Octalysis Framework. Desain akan dibuat dalam bentuk prototype high-fidelity dengan mengadaptasi proses dari Human-centered Design (HCD). Hasil evaluasi dengan menggunakan Technique for User Experience Evaluation in e-Learning (TUXEL) menghasilkan 14 permasalahan pada Usability Inspection dengan kategori Login, General Interface, dan Assignments. Pada Pedagogical Usability ditemukan 8 permasalahan dengan kategori Help & Documentation, LMS Learnability, Learning Through The LMS, dan LMS Flexibility. Pada User Experience Evaluation menunjukkan bahwa aplikasi unggul dengan nilai positif dalam dimensi menyenangkan, mendukung, praktis, kreatif, memotivasi, dan nilai normal dalam dimensi kemudahan.

Unduhan

Diterbitkan

16 Nov 2020

Cara Mengutip

Azis, V. D., Tolle, H., & Herlambang, A. D. (2020). Perancangan User Experience dan Gamifikasi Pada Aplikasi Pembelajaran Online Jurusan Sistem Informasi Menggunakan Octalysis Framework. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(11), 4132–4138. Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/8251

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...