Evaluasi Dan Perbaikan Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Library Malang Menggunakan Metode Heuristic Evaluation (HE) Dan Human Centered Design (HCD)
Kata Kunci:
heuristic evaluation, human centered design, interface evaluation, usability, user interface, user experienceAbstrak
Aplikasi Library Malang merupakan aplikasi mobile milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang. Aplikasi ini menyediakan layanan perpustakaan online dimana pengguna dapat membaca koleksi buku Perpustakaan Malang melalui aplikasi. Namun, aplikasi ini masih memiliki beberapa permasalahan dalam pengoperasiannya. Salah satu wawancara bersama dengan calon pengguna mengatakan bahwa tampilan aplikasi yang kurang konsisten dari segi warna, ukuran, dan jenis font membuat pengguna kurang nyaman dalam menggunakannya. Peneliti juga melakukan penelitian awal dengan cara melakukan evaluasi terhadap desain awal menggunakan metode evaluasi heuristik. Penelitian awal tersebut menghasilkan 11 temuan permasalahan usability serta user interface. Selain itu, aplikasi Library Malang merupakan aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan dan belum disebarluaskan oleh pihak Perpustakaan Malang. Kemudian, penulis melakukan evaluasi beserta perbaikan terhadap aplikasi Library Malang menggunakan metode evaluasi heuristik untuk menggali permasalahan usability dan user interface serta menggunakan pendekatan Human Centered Design (HCD) untuk proses perbaikan antarmuka. Tahapan dalam penelitian ini yaitu identifikasi permasalahan dengan melakukan wawancara terhadap stakeholder dan calon pengguna, studi literatur , melakukan analisis dan spesifikasi konteks penggunaan, melakukan analisis dan spesifikasi persyaratan pengguna, pengujian dan analisis desain awal menggunakan metode evaluasi heuristik, membuat solusi desain, melakukan evaluasi desain solusi menggunakan metode evaluasi heuristik, dan melakukan perbandingan hasil evaluasi desain awal dan akhir.