Kapabilitas Tata Kelola Sumber Daya Teknologi Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri Berdasarkan Pedoman COBIT 5
Kata Kunci:
tata kelola teknologi informasi, sumber daya teknologi informasi, tingkat kapabilitas, cobit 5Abstrak
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri merupakan sebuah instansi pemerintahan di bidang pelayanan umum, komunikasi, dan informatika. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut diperlukan sebuah tata kelola teknologi informasi yang dapat mengatur dan mengontrol setiap operasional instansi. Selain tata kelola teknologi informasi, tenaga ahli juga perlu disediakan dalam operasional instansi dan ketersediaan atau kepastian sumber daya TI penunjang lainnya. Oleh sebab itu, kekurangan sumber daya manusia dan memastikan sumber daya TI yang ada menjadi permasalahan yang harus dapat diatasi oleh instansi. Terdapat sebuah pedoman yang dapat mengukur tingkat kapabilitas dari sumber daya TI yang ada saat ini yaitu COBIT. Pada penelitian ini menggunakan pedoman COBIT 5 untuk mengukur tingkat kapabilitas tata kelola sumber daya TI dengan fokus pada proses EDM04 - Ensure Resource Optimization dan APO07 - Manage Human Resources. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan tinjauan dokumen langsung. Hasil dari pengukuran tingkat kapabilitas yang didapatkan yaitu pada proses EDM04 - Ensure Resource Optimization berada pada Level 1 dengan nilai 72,3% kategori Largely Achieved (L) dan pada proses APO07 - Manage Human Resources berada pada Level 1 dengan nilai 73,2% kategori Largely Achieved (L). Berdasarkan hasil tingkat kapabilitas yang didapat dan dengan tingkat kapabilitas yang diharapkan berada pada Level 3, sehingga pada masing-masing proses memiliki tingkat kesenjangan 2 tingkat. Rekomendasi yang diberikan dalam upaya mencapai tingkat yang diharapkan yaitu berfokus pada pemenuhan dokumen-dokumen, melakukan pemantauan dan evaluasi terkait sumber daya TI yang ada, dan membuat kebijakan atau tindakan monitoring terhadap sumber daya manusia yang ada.