Evaluasi User Experience Pada Game PC Building Simulator Dengan Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire (GEQ)
Kata Kunci:
SMK, TKJ, UX, GEQ, Game.Abstrak
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terlebih bidang Teknik Komputer Jaringan (TKJ) e-learning sering digunakan sebagai media pembelajaran tentang merakit komputer atau PC. Saat ini yang sedang ramai digunakan untuk pembelajaran perakitan komputer melalui STEAM salah satunya yaitu game PC Building Simulator. Game PC Building Simulator adalah sebuah game online untuk melakukan simulasi dalam merakit sebuah Personal Computer (PC). Tujuan penelitian untuk melihat seberapa baik nilai UX. Game Experience Questionnaire adalah instrumen evaluasi yang dirancang dengan tujuan mengevaluasi permainan. Jumlah responden yang digunakan 30 peserta yang merupakan siswa dari kelas 10 jurusan TKJ-1 di SMKN 3 Malang yang pernah menggunakan e-learning dan memiliki pengetahuan tentang e-learning. Metode yang digunakan yakni kuantitatif data diambil menggunakan kuesioner. hasil evaluasi nilai UX, didapatkan nilai skor 3,07 kategori baik atau setuju. Oleh karena itu, media game PC Building Simulator dapat digunakan dalam pembelajaran pada kelas 10 TKJ, aspek kompetensi tersebut memiliki nilai yang baik, yang menunjukkan bahwa PC Building masih dapat dimainkan oleh pemain baru yang belum familiar dengan game berjenis simulator. Masalah yang paling banyak muncul disemua tugas, yaitu keterbatasan perangkat atau laptop yang dimiliki siswa, perangkat yang digunakan siswa kurang memadai, kesulitan siswa dalam menerjemahkan Bahasa Inggris, siswa kurang memahami misi pada game.
Kata kunci: SMK, TKJ, UX, GEQ, Game.